Laporan Proyek Mata Kuliah Game Design Programming

WestBlitz

Game Design Document



Kelompok 11 - LB01

2301883643 

Albertius Christopher Nathan

2301952773 

Ryani Yuan Jie Lee

2301945780

Jeremy Martinus Sirait

2301874771 

Stephen

2301929360 

Christopher



Daftar Isi

  1. Introduction* 1

  2. Game Overview 2

    1. Core Experience 2

    2. Genre 2

    3. Similar Titles* 2

    4. Setting 2

    5. Look and Feel 2

    6. Target Audience 2

    7. Target Platform 2

  3. Gameplay   3

    1. Core Mechanics 3

    2. Core Loop 3

    3. Game Objectives and Progression* 3

    4. Additional Mechanics* 3

    5. World 3

    6. NPC* 3

    7. Controls 3

  4. Theme 4

    1. Audio and Visual

      1. Concept Art*

      2. Art Reference*

      3. Storyboard*

      4. Music Reference*

    2. Plot*

  5. Game Interface

    1. Main Menu UI

    2. Gameplay UI

  1. Introduction

Ini adalah dokumen pengembangan game (GDD atau Game Development Documentation) untuk game 3D Third Person Shooting yang bernama WestBlitz. Game ini berlatarkan pada era Wild West di Amerika pada awal abad ke-17. Game ini direncanakan akan berjalan secara online sehingga pemain bisa bermain dengan pemain lain dalam duel secara real-time. Pengerjaan game ini melibatkan semua anggota dari kelompok kami.


(Introduction of the document, can be filled with the reason the document is created, the people involved, etc)

Example: This document is created for Stella Maris game development workshop.

  1. Game Overview

WestBlitz adalah game platformer aksi yang mana melibatkan pertarungan satu-lawan-satu antara pemain ataupun bot yang disediakan oleh sistem. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mengeliminasi pemain lain. Ketika pemain memenangkan game, pemenang akan mendapatkan prize berupa in-game currency yang mana dapat digunakan untuk melakukan upgrade pada perlengkapan yang digunakan oleh pemain, seperti weapon, armor dan sebagainya.

  1. Core Experience

Pemain akan mengambil peran sebagai seorang koboi dan berjuang untuk mengalahkan koboi lain dalam duel yang menyenangkan serta menegangkan.

  1.  Genre

Genre dari game ini adalah game shooting game 1 lawan 1, kompetitif, FPS(first person shooting)

  1. Similar Titles*

Game ini mirip seperti Red Dead Series pada  segi tempat, lingkungan, dan kondisi yaitu berhubungan dengan koboi dan wildwest. Lalu dari segi tembak tembakan mirip seperti Game Counter Strike Series. Untuk Perspective pemain mirip seperti game Dead by Daylight, dan Untuk mekanismenya seperti game Brawl Stars.

  1. Setting

Game ini akan mengambil setting tempat/kota terpencil yang terinspirasi oleh The Wild West, yang  juga dikenal sebagai Old West atau American Frontier.

  1. Look and Feel

Game ini akan dimainkan dari perspektif side scrolling 2D, game dan settingnya akan terasa seperti pemain berada di gurun yang gersang dan sepi.

  1. Target Audience

Game ini dibuat untuk orang-orang yang berumur 13 tahun keatas karena game tersebut mengandung kekerasan terutama bagi mereka yang menyukai game tembak-tembakan dan game bergenre koboi dan padang pasir.

  1. Target Platform

Game ini targetkan untuk dapat berjalan pada sistem Windows 7, 8.1, 10 64 bit. Namun dalam testingnya akan dilakukan pada sistem Windows 10 64 bit

  1. Gameplay

  1. Core Mechanics

Pemain akan mengontrol karakter yang mencoba untuk mengalahkan pemain lain dengan cara mencari keberadaan dari karakter pemain lain ataupun bersembunyi di tempat tertentu kemudian mencoba untuk mengurangi HP musuh sampai musuh terbunuh. Untuk menjaga durasi permainan tidak terlalu lama, maka kami memutuskan untuk menambahkan beberapa in-game events yang memiliki efek area of effect yang dapat memindahkan player dari satu tempat ke tempat lain

  1. Core Loop

Alur perputaran permainan ini akan membentuk alur seperti di bawah ini. Setiap pemain akan dimunculkan dalam map yang berukuran 40 meter x 80 meter. Kedua pemain akan saling mencari antara satu dan lainnya, dan pemain yang bisa mengalahkan pemain lain akan mendapatkan hadiah berupa in-game currency yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas dari perlengkapan yang digunakan oleh karakter pemain.


  1. Game Objectives and Progression

Tujuan utama pemain dalam permainan ini adalah untuk mengalahkan pemain lain dan meningkatkan kekuatan dari perlengkapan mereka. Progresi dari permainan ini akan menggunakan sistem ranking sehingga pemain baru tidak akan langsung berhadapan dengan pemain profesional, sehingga permainan akan jauh lebih fair.

  1. Additional Mechanics

Berikut adalah beberapa mekanisme yang ditambahkan ke dalam game ini.

  • Time penalty, sistem ini adalah sistem penalti yang akan diberikan pada area duel dan penalti akan berefek kepada semua player yang berada di area penalti. Tujuan diadakannya penalti ini yaitu untuk menjaga durasi permainan agar tidaklah terlalu lama. Penalti ini akan memberikan efek-efek negatif kepada pemain yang berada di area penalti, mulai dari Slowness (pengurangan kepada kecepatan gerak pemain), HP drain (semakin lama pemain berada di area tersebut, maka HP dari pemain akan berkurang).

  • Hiding spots, yaitu mekanisme yang diberikan pada area sehingga pemain bisa bersembunyi pada spot-spot yang telah diberikan dan unsur ini akan meningkatkan pengalaman bermain yang lebih baik dan lebih seru.

  1. World

Untuk world dari game ini ada 2 stage, antara lain sebagai berikut:

  1. Duel Arena, stage ini adalah arena duel antara Koboi A dengan Koboi B. Stage ini meliputi beberapa tempat bersembunyi (hiding spot) dan efek-efek environmental seperti badai pasir dan badai semak (tumbleweed storm) yang mana akan memberikan debuff (efek negatif) pada pemain.

  2. Training Area, stage ini adalah arena untuk berlatih bagi pemain. Jadi pada stage ini terdapat dummy target yang disediakan oleh sistem sebagai sarana latihan pemain. Stage ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan stage Duel Arena.


  1. NPC

Untuk NPC yang disediakan saat ini hanya ada

  1. Bupati, berperan sebagai cameo pada lore. Tidak ada interaksi yang bisa dilakukan pemain pada NPC ini.

  2. Dummy, NPC ini adalah NPC yang diciptakan hanya untuk membantu pemain dalam melatih refleks, akurasi serta kemahiran dalam bermain game.

  1. Controls

<Pemain menggunakan WASD keys untuk menggerakan karakter mereka.>

<WASD untuk bergerak>

<Spacebar untuk lompat>

<Ctrl untuk jongkok>

<Mouse kiri untuk menembak >

<Mouse kanan untuk membidik >

<R untuk reload senjata>

<Mouse Scroll  untuk mengganti senjata>

<Escape untuk berhenti sementara>

  1. Theme

    1. Audio and Visual 

Audio pada game akan menjadi musik western yang diisi dengan nuansa padang pasir disertai sound efek burung dan siulan.

Visual pada game akan menjadi 3D. Dengan visual background nuansa western dan gurun pasir serta terdapat koboi-koboi dan alat-alat yang mereka gunakan seperti senjata. Lalu elemen-elemen pada permainan yang sangat realistis, dan skema warna pada game terang.

s.

  1. Concept Art


    

Karakter Utama Koboi

<< Karakter Bupati 

<< Scarecrow (Dummy Target)



  1. Art reference


From Counter Strike Global Offensive


From Dead by Daylight

  


From Red Dead Redemption


Hunt Showdown 


From BrawlStar





  1. Storyboard

In Lobby Game ⇒



 

Match Making part ⇒

Fighting part


  1. Music Reference

      • Red Dead Redemption
      • Dead by Daylight Soundtrack - 01 - Dead by Daylight Theme ( Home )
      • The Walking Dead Game OST-02 alive inside
      • Fallout New Vegas
      • Hunt Showdown
      • Lost Saga Wild West BGM

  1. Plot

Lore : Koboi A dan Koboi B mengalami perseteruan mengenai tambang emas yang di salah satu gunung di Arizona. Mereka pun memutuskan untuk membawakan masalah ini ke Bupati dan Bupati pun memutuskan untuk mengadakan duel diantara keduanya. Apabila salah satu dari koboi tersebut memenangkan duel ini, dia berhak sepenuhnya atas tambang emas yang sengketa tadi.


Game Interface

  1. Main Menu UI




  1. Gameplay UI

(Describe and visualize how the in game UI will look like)








Lampiran

Link Video Presentasi

https://binusianorg-my.sharepoint.com/personal/albertius_nathan_binus_ac_id/_layouts/15/guestaccess.aspx?guestaccesstoken=qc0N9Tri83s5EAJCYJ3CVkArRsfKFoCNfrdC91%2BC2C8%3D&docid=2_0d4673a5051744806b73dfc8d14d423bb&rev=1&e=cmHDwW


Link BlogSpot Anggota Kelompok

2301883643 - Albertius Christopher Nathan

https://albertius-christopher-nathan.blogspot.com/2022/01/FinalReportGDP.html


2301952773  - Ryani Yuan Jie Lee

https://lovebetweensunsetandmoonlight.blogspot.com/2022/01/laporan-proyek-mata-kuliah-game-design.html

2301945780 - Jeremy Martinus Sirait

https://kelompok11gameprog.blogspot.com/2022/01/httpsjeremy-martinus-sirait.blogspot.com202201FinalReportGDP.html.html


2301874771 - Stephen



2301929360 - Christopher

https://gamedesignprog.blogspot.com/2022/01/westblitz.html

Link Drive Game dan Build

https://binusianorg-my.sharepoint.com/personal/albertius_nathan_binus_ac_id/_layouts/15/guestaccess.aspx?guestaccesstoken=cRHxMC9oG6XT0WDjzb2jKRyhQdhpzw5UNX%2BQXz29dA4%3D&folderid=2_069bb6753541648999aff35fb025e24a6&rev=1&e=YuEjrX


Daftar Referensi dan Aset yang Digunakan

Customized Skybox oleh Key Mouse

https://assetstore.unity.com/packages/2d/textures-materials/sky/customizable-skybox-174576


Easy FPS oleh Mario Haberle

https://assetstore.unity.com/packages/3d/characters/humanoids/sci-fi/easy-fps-73776


Texture Pasir dari texturedb

https://www.the3rdsequence.com/texturedb/texture/43/smooth+sand+dunes/


Western Themed Building Set oleh loafbr

https://loafbrr.itch.io/western-themed-buildings?download


how to play scene - background (1024x576) 

https://wallpapersafari.com/w/WceuSr


HD wallpaper: Wild West, Cowboys, Horses, Sunset, Western, 4K oleh wallpaper flare

https://id.pinterest.com/pin/549861435757541077/


Wood Dummy

https://free3d.com/3d-model/wood-dummy-79325.html


Comments

Popular posts from this blog

Circular Linked List, Doubly Linked list, and Circular Doubly Linked List

Binary Search Tree

Hashing and Hash Tables, Trees & Binary Tree